4 Langkah Pertama yang Dilakukan Bila Keyboard Laptop Rusak

http://www.giuseppezanottishoes.org – Pernah mengalami mimpi buruk bernama “keyboard laptop tiba-tiba tidak berfungsi”? Bila iya, kamu pasti langsung mengenali rasa panik, kaget, dan tak tahu apa yang harus dilakukan ketika keyboard laptop mendadak tak bisa digunakan. Jangan khawatir, hal tersebut sebenarnya normal saja terjadi. Meskipun kerusakan pada keyboards memang awalnya bermula dari matinya atau tak bisa berfungsinya sebuah keyboard.

Ketika keyboard pada laptop tiba-tiba tak berfungsi, yang pertama kali kamu lakukan seharusnya bukan panik. Sebaliknya, 4 hal di bawah ini menjadi 4 hal paling pertama yang seharusnya kamu lakukan ketika keyboards laptop mendadak mogok kerja. 4 langkah di bawah ini dipercaya paling aman dan paling cepat untuk memperbaiki kerusakan pada laptop bila memang ada.

1. Bersihkan keyboard

Hal paling pertama yang harus dilakukan ketika tiba-tiba saja ada tombol pada keyboard yang tidak bekerja, ialah membersihkan keyboard tersebut. Meskipun tak menutup kemungkinan kotoran juga menjadi penyebab dari tiba-tiba tak berfungsinya keyboards pada laptop yang kamu gunakan.

Kotoran yang menumpuk di bagian bawah tombol pada keyboard memang pada akhrinya akan menjadikan performa dari keyboards tersebut sendiri terganggu. Karena itu memang dianjurkan untuk secara rutin membersihkan keyboard pada laptop. Cara untuk membersihkan kotoran dan debu yang menumpuk di bagian bawah keyboards pun sebenarnya tak terlalu sulit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keyboards laptop ini. Pertama dengan menggunakan alat seperti vakum mini yang nantinya akan menyedot debu dan kotoran yang berada di bagian bawah keyboard. Selain itu juga bisa dengan menggunakan post it note dan secara perlahan menangkap debu dengan bagian lem yang terdapat pada kertas note.

2. Nyalakan ulang laptop

Setelah mencoba membersikan keyboards dengan debu langkah kedua yang bisa dilakkuan dengan menyalakan ulang laptop. Restart pada laptop secara keseluruhan memang bisa untuk memperbaiki masalah yang mungkin terjadi. Terutama masalah yang berhubungan dengan teknis. Setelah emmastikan keyboards dibersihkan secara menyeluruh, langkah berikutnya menyalalan kembali laptop. Oh ya, sebaiknya ketika membersihkan keyboards, laptop sebelumnya dimatikan lebih dulu untuk menghindari tekanan yang mungkin terjadi pada laptop.

Matikan dan nyalakan kembali laptop. Setelah itu baru lihat apakah ada perubahan yang terjadi. Misalnya apakah keyboard menjadi baik-baik saja atau malah tetap tak berubah keadaannya. Bila sudah, maka kamu tak perlu mencoba langkah ketiga. Sebaliknya bila belum segera mencoba langkah berikutnya di bawah ini.

3. Lakukan restore pada Windows

Langkah ketiga ini dilakukan bila misalnya dua langkah sebelumnya tak membuat keyboards pada laptop berfungsi seperti semula. Sama seperti restart komputer atau laptop, melakukan restore pada Windows juga tujuannya untuk mengembalikan pengaturan driver atau setting seperti semula. Dimana disini semoga saja bisa memperbaiki keadaan laptop.

Untuk melakukan restore pada Windows memang membutuhkan sebuah kemampuan khusus. Dimana kamu perlu menggunkana wizard yang ada di laptop untuk restore pada Windows. Setelah melakukan restore pada Windows, selanjutnya kembali lakukan restart pada laptop dan lihat bagaimana kondisi keyboard.

Bila setelahnya keyboards berjalan normal dan lancar seperti biasa, maka kamu tak perlu mencoba ke langkah nomor 4 di bawah ini. Sebaliknya bila ternyata keyboards masih belum bisa berjalan seperti biasa, maka cara terakhir nomor 4 bisa ditiru.

4. Periksa diver keyboard

Bila driver pada keyboard kamu ternyata terpisah, maka akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan. Sebaliknya, bila ternyata driver pada keyboards laptop sama seperti dengan driver keseluruhan maka kamu tak memiliki cara lain selain melakukan instal ulang untuk semua drive yang ada di laptop.

Tanda-tanda driver yang terpisah ini bisa dilihat dengan adanya tanda peringatan di sisi atas keterangan driver. Biasanya bila terdapat masalah dari driver, akan ada tanda segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di dalamnya. Bila tidak akan terdapat warna hijau. Bila tak ada masalah pada driver, maka bisa jadi kerusakan terjadi karena kerusakan fisik.

Sedangkan bila ada tanda kerusakan dari driver, yang perlu dilakukan hanya instal ulang.

This entry was posted on September 9, 2017 and tagged . Bookmark the permalink.